• Topik Utama

    Copyright © Berita Aceh Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates
    NEWS RBACEH :
    Raja Baginda...

    Iklan

    Peringatan Hari Santri Nasional ke-X di Lhokseumawe: Santri, Pilar Penting Pembangunan Bang

    Admin
    10/22/24, 12:59 WIB Last Updated 2024-10-22T05:59:39Z

    Peringatan Hari Santri Nasional ke-X di Lhokseumawe: Santri, Pilar Penting Pembangunan Bang

     

    Newsrbaceh.com I Lhokseumawe - Pemerintah Kota Lhokseumawe laksanakan upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang ke-X pada Selasa, (22/10/2024), di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe. Dengan tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan", upacara  dihadiri oleh seluruh santri dari berbagai pesantren di Kota Lhokseumawe.

     

    Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekdako Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar, menggambarkan komitmen pemerintah untuk memberikan penghormatan kepada santri yang telah berkontribusi dalam mempertahankan kemerdekaan dan pembangunan bangsa.

     

    "Santri adalah garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa, dan peringatan ini menjadi simbol penghargaan atas perjuangan mereka," ujar dr. Said.

     

    Seperti diketahui, Hari Santri Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 22 Tahun 2015, yang dirayakan setiap 22 Oktober. Dalam sambutannya, Said menekankan pentingnya peran santri dalam menciptakan kedamaian dan toleransi di masyarakat. "Jihad santri kini beralih dari senjata ke ilmu pengetahuan dan akhlak," tambahnya.

     

    Usai upacara ini juga ditampilkan berbagai atraksi dari santri, seperti pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera yang merupakan santri dari Pesantren Mataqu Usman bin Affan, yang juga telah dilatih oleh TNI Angkatan Udara.

     

    Selain itu, menurut Plt Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Drs. Ikhwansyah, MA,  keikutsertaan santri dalam upacara ini menunjukkan bahwa mereka tidak hanya terampil dalam ilmu agama, tetapi juga dalam berbagai bidang umum.

     

    "Sambutan yang luar biasa dari santri dan masyarakat membuktikan betapa santri merupakan aset berharga bagi daerah kita dalam pembangunan pendidikan agama," jelas Ikhwansyah. Setelah upacara, sejumlah penampilan budaya juga diadakan, seperti Syarah Hadist, Tapak Suci, dan dramatisasi puisi, untuk lebih meramaikan peringatan Hari Santri Nasional.

     

    Dengan semangat dan dedikasi dari semua pihak, termasuk Forkopimda, seluruh Organisasi Oerangkat Daerah (OPD), lembaga vertikal, serta perbankan dan lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung kelancaran Peringatan Hari Santri, baik secara moril maupun material, diharapkan peringatan ini dapat memotivasi santri untuk terus berkontribusi dalam membangun negeri menuju Lhokseumawe yang beriman dan sejahtera.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +