• Topik Utama

    Copyright © Berita Aceh Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates
    NEWS RBACEH :
    Raja Baginda...

    Iklan

    Siap Sambut PON XXI Aceh-Sumut 2024: PLN Lakukan Apel Siaga Kelistrikan

    Admin
    9/03/24, 16:36 WIB Last Updated 2024-09-03T09:36:09Z

    Siap Sambut PON XXI Aceh-Sumut 2024: PLN Lakukan Apel Siaga Kelistrikan

    Newsrbaceh.com | Banda Aceh-PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Aceh menggelar apel siaga kelistrikan sebagai bagian dari persiapan menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang  diadakan di halaman kantor PLN UP3 Banda Aceh dan bertujuan untuk memastikan kesiapan serta keandalan pasokan listrik selama perhelatan ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia tersebut.Selasa (3/09/2024)


    Apel Siaga Kelistrikan ini dihadiri oleh Executive Vice President Operasi Distribusi PLN Wilayah Sumatera dan Kalimantan, Agung Nugraha, General Manager PLN UID Aceh, Mundhakir serta pejabat dan staf PLN lainnya. Selain itu juga hadir mendampingi Plh. Sekda Aceh, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Akkar Arafat.


    General Manager (GM) PLN UID Aceh Mundhakir menyampaikan laporan mengenai kesiapan siaga kelistrikan PLN untuk mendukung PON XXI Aceh-Sumut. Dalam laporannya, Mundhakir menegaskan bahwa aspek teknis kelistrikan telah dipersiapkan dengan matang untuk memenuhi kebutuhan listrik selama berlangsungnya PON XXI.

    “Total kecukupan daya di Unit Induk Distribusi Aceh dengan daya mampu 813,1 MW, Beban Puncak tertinggi 563,7 MW dan cadangan daya 249,38 MW. Jumlah sistem isolated ada sebanyak 9 sistem dengan kondisi 8 normal,1 siaga dan 0 Defisit. Untuk proyeksi beban puncak pada saat penyelenggaraan PON XXI Aceh -Sumut 2024 adalah sebebar 629,9 MW dan cadangan daya sebesar 183,2 MW,” jelasnya dalam laporan saat apel.


    Peralatan pendukung operasional dan petugas PLN juga dikerahkan dalam upaya menyukseskan pagelaran tersebut.


    “Kesiapan posko dan personil yang dikerahkan selama periode siaga adalah sebanyak 6 posko Induk dengan total personil 1.058 orang yang terdiri dari 224 petugas piket posko venue PON, 47 Petugas piket Mobile dan 787 petugas Yantek. Kesiapan peralatan pendukung operasional siaga terdiri dari 57 unit genset, 33 unit UPS, 28 Unit UGB, 11 unit mobil, 25 unit motor dan 20 unit motor listrik,” ungkapnya.


    PLN juga menyiapkan skema pengamanan berlapis untuk memastikan keandalan pasokan listrik di 46 venue yang tersebar di berbagai wilayah. Setiap langkah pengamanan telah dirancang sesuai dengan SOP dan kepatuhan terhadap kaidah keselamatan kerja demi menjaga stabilitas listrik selama PON XXI Aceh-Sumut 2024.

    Azwardi menyampaikan sambutan tertulis dari Penjabat Gubernur Aceh, Dr. H. Safrizal ZA, M.Si, yang menekankan betapa pentingnya peran PLN dalam pelaksanaan PON XXI, khususnya terkait penyediaan listrik.


    "Dalam penyelenggaraan PON XXI, kesiapan dan keandalan pasokan listrik memegang peranan yang sangat vital. Apel siaga ini adalah inisiatif yang tepat untuk memastikan bahwa kita semua siap menghadapi segala kemungkinan yang mungkin timbul," kata Azwardi.


    Ia menambahkan bahwa PON XXI, yang akan dihadiri oleh ribuan atlet dari seluruh penjuru Indonesia, memerlukan dukungan infrastruktur yang optimal, termasuk penyediaan listrik yang stabil. "Keberhasilan acara ini sangat bergantung pada kelancaran pasokan listrik. Kita harus memastikan tidak ada gangguan yang dapat menghambat pelaksanaan acara," tegasnya.


    Sambutan tersebut juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama yang solid antara PLN, pemerintah daerah, dan pihak-pihak terkait untuk menangani tantangan teknis yang mungkin muncul. "Saya mengharapkan PLN dapat memastikan semua persiapan dilakukan dengan sebaik mungkin agar tidak ada celah yang bisa mengganggu jalannya PON," tambah Azwardi.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +