• Topik Utama

    Copyright © Berita Aceh Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates
    NEWS RBACEH :
    Raja Baginda...

    Iklan

    Relawan Lingkungan Binaan Pertamina Patra Niaga IT Lhokseumawe Dibekali Strategi Mitigasi Bencana dan Ramah Lingkungan

    Admin
    9/25/23, 20:58 WIB Last Updated 2023-09-25T13:58:32Z

    Relawan Lingkungan Binaan Pertamina Patra Niaga IT Lhokseumawe Dibekali Strategi Mitigasi Bencana dan Ramah Lingkungan

    Newsrbaceh.com | Lhokseumawe - Sebanyak 21 relawan dari kelompok Replikasi (Relawan Peduli Lingkungan Inspirasi), binaan Integreted Terminal Pertamina Patra Niaga Lhokseumawe, yang baru saja dikukuhkan hari Jumat kemarin oleh Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd, mengikuti pelatihan kelompok sadar lingkungan yang diadakan di Ruang Rapat Kerja Pertamina Patra Niaga IT Lhokseumawe, Senin, (25/09).


    Kegiatan yang difasilitasi oleh Yayasan JINOE, sebuah organisasi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang upaya mitigasi bencana di pesisir pantai, serta peran organisasi lingkungan dalam membentuk gampong yang ramah lingkungan dan bebas sampah.


    Dalam pelatihan yang berlangsung selama satu hari penuh, peserta mendapatkan wawasan yang berharga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lhokseumawe. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek mitigasi bencana di daerah pesisir pantai, termasuk langkah-langkah konkret yang harus diambil untuk meminimalkan risiko bencana alam seperti tsunami dan banjir serta Upaya penghijauan yang dapat dilakukan guna mitigasi bencana.


    Peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang peran penting organisasi lingkungan dalam menjadikan gampong (desa) mereka lebih ramah lingkungan dan pengelolaan sampah domestik. Pelatihan ini memberikan pandangan yang jelas tentang bagaimana setiap individu dan kelompok dapat berkontribusi dalam melestarikan lingkungan alam.


    Salah satu peserta, Rohana, mengungkapkan, "Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami yang peduli dengan lingkungan. Kami sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang upaya mitigasi bencana dan bagaimana kita bisa berperan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di gampong kami." Ujarnya


    M Alfi Syahri, Pjs Jr Spv HSSE Pertamina Patra Niaga IT Lhokseumawe, menyambut baik pelaksanaan pelatihan ini, "Kami merasa bangga dapat mendukung kegiatan ini melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan. Edukasi mengenai lingkungan dan mitigasi bencana sangat penting untuk kesadaran kolektif akan perlunya melindungi dan melestarikan alam." Ungkapnya


    Sementara itu, Ketua Replikasi Akmar mengatakan, "Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina Patra Niaga IT Lhokseumawe, Yayasan Jinoe, BPBD Kota Lhokseumawe, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Lhokseumawe atas dukungannya dalam pelatihan ini. Kami berharap pengetahuan yang kami peroleh akan membantu kami lebih efektif dalam berkontribusi untuk menjaga lingkungan kita. Koneksi yang dibangun saat ini juga membuat kami dapat mengembangkan Kelompok Replikasi lebih baik" Pungkasnya


    Ketua Yayasan JINOE, Ramadhan, menambahkan, "Kami sangat senang melihat semangat dan dedikasi peserta pelatihan dalam menjaga lingkungan. Kami yakin bahwa pengetahuan yang mereka peroleh hari ini akan menjadi landasan yang kuat untuk upaya pelestarian lingkungan di masa depan. Kami juga ingin berterima kasih kepada BPBD dan DLH Kota Lhokseumawe yang telah memberikan materi berharga kepada peserta, membantu memperkaya pengetahuan mereka." tutup pria lulusan Prodi Sosiologi Universitas Syiah Kuala ini.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +