• Topik Utama

    Copyright © Berita Aceh Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates
    NEWS RBACEH :
    Raja Baginda...

    Iklan

    Fenomena Cincin Matahari di kota Lhokseumawe

    Admin
    8/24/23, 14:52 WIB Last Updated 2023-08-24T07:52:34Z

    Fenomena Halo terlihat di Lhokseumawe

    Newsrbaceh.com | Lhokseumawe, Sebuah kejadian luar biasa telah menyita perhatian warga Kota Lhokseumawe pada hari Kamis ini. 24 Agustus 2023 Langit yang biasanya biru kini dipercantik oleh sebuah cincin cahaya matahari yang menakjubkan, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan bagi siapa pun yang beruntung melihatnya.


    Pemandangan tersebut di abadikan warga melalui ponselnya pada pukul 11:30 WIb hingga pukul 12:50 WIb pemandangan tersebut masih bisa disaksikan 


    Kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara, Surya Surbakti S.Kom melalui Forecaster On Duty, Marselinus Muaya mengatakan Fenomena ini dikenal dengan sebutan halo Matahari yang terjadi akibat proses pembiasan sinar matahari oleh awan-awan di lapisan atas/tinggi. 


    " Awan yang membiaskan sinar matahari itu biasa disebut awan tipis cirrus yang berada pada ketinggian sekitar 6.000 meter dari permukaan bumi. Cukup tingginya awan cirrus ini sehingga membentuk partikel yang sangat dingin dan biasanya berwujud kristal es," kata Marselinus Muaya.


    Untuk masyarakat diharapkan tidak panik menyikapi adanya fenomena ini karna fenomena tersebut merupakan fenomena optik atmosfer biasa, yang umum terjadi dan bukan merupakan fenomena berbahaya/penanda bencana. 


    Diharapkan juga masyarakat lebih bijak dalam menyikapi informasi dan senantiasa menerima update informasi terkait cuaca/iklim/gempa bumi hanya dari Portal informasi resmi BMKG dan menghindari berita-berita bohong atau hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, Pungkas Marselinus Muaya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Nasional

    +